Para Maestro Dukung Festival Keroncong

Berita Kompas

Suatu berita yang menunjukkan realita ada jika para ‘stake holder’ dari musik Tradisional Indonesia ini secara bersama-sama, bersatu dan terintegrasi dengan baik dan tepat, akan dapat meningkatkan kualitas musik keroncong dan meningkatkan kwantitas dari penggemarnya. Apalagi jika lebih ditingkatkan lagi inovasi dan kreatifitas dari seniman-senimannya..
Apakah potensi itu ada….?
Selamat berkreasi dan tetap semangat..
Kesenian

Para Maestro Dukung Festival Keroncong

Sabtu, 30 Agustus 2008 | 01:03 WIB

SOLO, KOMPAS – Festival Keroncong Internasional atau IKF yang akan berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah, 5-7 Oktober 2008, dipastikan akan meriah. Selain menampilkan sebuah pertunjukan orkestra keroncong spektakuler, kegiatan yang akan dihadiri masyarakat keroncong Indonesia serta penyanyi nonkeroncong itu juga akan ditandai dengan Kirab Keroncong Pusaka.

Penyelenggaraan IKF yang membawa misi untuk mengukuhkan musik keroncong sebagai musik pusaka Indonesia dan memperkenalkan Kota Solo sebagai Kota Keroncong sekaligus Kota Karnaval kepada dunia, mendapat dukungan dari dua maestro keroncong asal Solo, Gesang Martohartono dan Waljinah, serta diva keroncong Sundari Soekotjo.

Dukungan para tokoh dan penyanyi keroncong ini disampaikan pada acara peluncuran IKF di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo, Jumat (29/8). Peluncuran ditandai pembukaan logo IKF dan pemotongan tumpeng oleh Gesang, Waljinah, dan Sundari. Tumpeng tersebut sengaja diberikan Wali Kota Solo Joko Widodo sebagai tanda mendukung kegiatan tersebut.

Ketua Panitia IKF Pedhet Wijaya menyatakan, IKF digelar sebagai tindak lanjut pencanangan Kota Solo sebagai Kota Keroncong pada September 2007. Ia memastikan kegiatan ini akan dihadiri komunitas keroncong se-Indonesia serta penyanyi-penyanyi nonkeroncong.

Hari pertama IKF akan ditandai dengan Kirab Keroncong Pusaka yang diikuti para penyanyi keroncong maupun nonkeroncong yang berkain batik dengan pola-pola pamor keris/pusaka.

Wali Kota Joko Widodo menegaskan, Pemkot Solo mendukung IKF karena kegiatan ini merupakan kegiatan budaya. (SON)

2 comments on “Para Maestro Dukung Festival Keroncong

  1. Salam budaya!

    Mudah2n penundaan acr IKF tidak terlalu lama sehingga gregetnya masih ada. Kalau penundaan terlalu lama, takut kelupaan!

    Maju terus untuk kejayaan keroncong.

    Salam,
    Retno – Kel Besar Keroncong MERAH PUTIH Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s