6 comments on “Objektif Perancangan Akustik dan Peranan ‘Impulse Response’

  1. Pak Komang,
    Apakah orang Indonesia sudah ‘melek’ tentang dampak dari ilmu akustik di dalam kehidupannya sehari-hari..?
    Sebagai contoh, hampir semua ruang kelas SD tidak memperhitungkan masalah akustiknya apalagi masalah noise nya, bagaimana mengatasi hal tersebut..?
    Apakah petugas sound system memahami permasalahan akustik dari ruangan dimana mereka memberikan jasanya..?
    Apakah gedung kesenian yang berada di setiap daerah sudah dirancang berdasarkan konsep ilmu akustik tersebut..?
    Seberapa banyak para Arsitek yang memahami dan menerapkan konsep2 ilmu akustik di dalam aktivitas perancangannya..?
    Bagaimana halnya dengan para Interior Designer, apakah mereka memahami masalah akustik ini..?
    Terima kasih

  2. pak saya sedang mengumpulkan bahan2 untuk skripsi T.A..
    tapi rencana yang saya mau ajukan adalah berjudul lembaga musik di denpasar. hal apa saja yang harus diperhatikan dan paling utama dalam merancangnya???
    apa akustik merupakan yang utama???
    dimana saya bisa mendapatkan referensi tentang akustik tersebut??

  3. pak komang,
    sy ingin melakukan penelitian tentang peredam suara
    yg tujuannya nanti untuk studio musik atau home teater
    data apa saja yang saya harus persiapkan?
    terimakasih

  4. Selamat pagi ,
    Perkenalkan saya robin mahasiswa teknik fisika ITS surabaya, saat ini saya berada di semester akhir dan tugas akhir saya mengenai : optimasi desain interior untuk peningkatan akustik ruang : studi kasus gedung gereja GKI ressud sby.
    saya mengalami kesulitan tentang nilai standart / rekomnedasi tentang RT mid ; EDT ; D50 ; C50 ; TS mid untuk karakter speech dan music pada bangunan gereja??
    Untuk diketahui bangunan gereja tempat saya penelitian ini menyerupai concert hall / auditorium. Apakah saya bisa menggunakan nilai standart untuk auditorium untuk membandingkan hasil olahan data yang saya peroleh nantinya ???
    Mohon penjelasannya
    sekian dan terima kasih…
    Sekian dan Terima kasih!!

  5. Halo Pak Komang,

    Saya ingin tahu apa ada jasa professional untuk designer room acoustic di Indonesia, dan kira-kira bagaimana tarifnya diukur?

    Trims

    Anto

  6. Selamat pagi mas Komang. Saya mau renovasi gedung. termasuk didalamnya adalah ruang siaran dan roduksi. Sebenarnya berapa ukuran ideal untuk sebuah ruang siaran (termasuk untuk talk-show) dan juga ruang produksi (untuk rekaman). Kemudian apakah bentuk ruang yang saya maksud diatas bisa tidak berbentuk lebih dari 4 persegi. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

